Minggu, 16 Desember 2012

Menentukan Kadar Co dalam Air


I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam bidang teknologi, baik dalam perkembangan ilmu pengetahuan (Ilmu kimia, Farmasi dll) maupun dalam teknologi industri sangat membutuhakan teknik-teknik spektrofotometri untuk menganalisis. Karena spektrofotometri dapat mengukur serapan atau absorsi dari suatu senyawa yang digunakan. Salah satu contoh dalam analisis farmasi sering menggunakan teknik spektrofotometri meliputi spektrofotometri ultraviolet, cahaya tampak, inframerah dan serapan atom. Jangkauan panjang gelombang untuk daerah ultraviolet adalah 190 – 380 nm, daerah cahaya tampak 380 – 780 nm, daerah infra merah dekat 780 – 3000 nm ,dan daerah inframerah 2,5 – 40 nm atau 4000 – 250 cm -2.
Dalam menganalisis kuantitatif menggunakan dengan metode regresi yaitu dengan menggunakan persamaan garis regresi yang di dasarkan pada harga serapan dan konsentrasi standart yang di buat dalam beberapa konsentrasi  standar. Paling sedikit menggunakan lima rentang konsentrasi yang meningkat dapat memberikan serapan linier. Kemudian di plot  menghasilkan suatu kurva yang disebut dengan kurva kalibrasi. Konsentrasi suatu sampel dapat dihitung dengan kurva tersebut. 
Spektroskopi SSA merupakan metode yang digunakan untuk menentukan unsur logam dalam suatu sampel berdasarkan penyerapan cahaya dengan panjang gelombang tertentu oleh atom logam dalam keadaan bebas. Metode ini sangat tepat untuk analisis zat pada konsentrasi rendah. Oleh karena itu, percobaan kali ini akan digunakan spektro SSA untuk menganalisis logam nikel dalam sampel air kran.
B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang perlu dikaji pada praktikum kali ini yaitu bagaimana menentukan kadar cobal (Co) dalam sampel air sungai kali wanggu dengan menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA) ?
C.    Tujuan 
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan dari praktikum ini yaitu untuk mengetahui kadar cobal (Co) dalam sampel air kran dengan menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA).










II.                TINJAUN PUSTAKA
Spektrofotometri merupakan suatu metode analisa yang di dasarkan pada pengukuran serapan sinar monokromatik oleh suatu laju larutan berwarna pada panjang gelombang spesifik dengan menggunakan monokrometer prisma atau kiri difraksi dengan defektor (Dirjen, 1979).  
Ada banyak variasi nyala yang telah dipakai bertahun-tahun untuk spektrometri atom. Namun demikian yang saat ini menonjol dan diapakai secara luas untuk pengukuran analitik adalah udara asetilen dan nitrous oksida-asetilen. Dengan kedua jenis nyala ini, kondisi analisis yang sesuai untuk kebanyakan analit (unsur yang dianalisis) dapat sintetikan dengan menggunakan metode-metode emisi, absorbsi dan juga fluoresensi (Vogel, 1979).
Metode AAS berprinsip pada absorbsi cahaya oleh atom, atom-atom menyerap cahaya tersebut pada panjang gelombang tertentu, tergantung pada sifat unsurnya. Misalkan natrium menyerap pada 589 nm, uranium pada 358,5 nm sedangkan kalium pada 766,5 nm. Cahaya pada gelombang ini mempunyai cukup energi untuk mengubah tingkat energi elektronik suatu atom. Dengan absorpsi energi, berarti memperoleh lebih banyak energi, suatu atom pada keadaan dasar dinaikkan tingkat energinya ke tingkat eksitasi (Rahmayani, 2009).
Kobalt adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Co dan nomor atom 27. Warna sedikit berkilauan, metalik, keabu-abuan. Penggolongan Metalik Ketersediaan, unsur kimia kobalt tersedia di dalam banyak formulasi yang mencakup kertas perak, potongan, bedak, tangkai, dan kawat. contoh besar dan kecil unsur kimia. Unsur kimia kobalt juga merupakan suatu unsure dengan sifat rapuh agak kerasdan mengandung metal serta kaya sifat magnetis yang serupa setrika. Unsur kimia kobalt adalah batu bintang. Deposit bijih. Cobalt-60 ( 60Co) adalah suatu isotop yang diproduksi menggunakan suatu sumber sinar ( radiasi energi tinggi). unsur kimia/kobalt mewarnai gelas/kaca serta memiliki suatu keindahan warna kebiruan. Toksisitas kobalt cukup rendah dibandingkan dengan logam lain dalam tanah. Pada hewan diberikan kobalt klorida perorally atau melalui suntikan menunjukkan konsentrasi yang lebih tinggi dalam hati, dengan konsentrasi agak rendah di ginjal dan limpa. Cobalt garam terhirup menyebabkan iritasi pernafasan mungkin menyebabkan oedema paru (pneumonia kimia) pada hewan (http://education.poztmo.com).
Kobal terdapat dalam mineral kobaltit, smaltit dan eritrit. Sering terdapat bersamaan dengan nikel, perak, timbal, tembaga dan bijih besi, yang mana umum didapatkan sebagai hasil samping produksi. Kobal juga terdapat dalam meteorit. Kobal bersifat rapuh, logam keras, menyerupai penampakan besi dan nikel. Kobal memiliki permeabilitas logam sekitar dua pertiga daripada besi. Kobal cenderung terdapat sebagai campuran dua allotrop pada kisaran suhu yang sangat lebar. Transformasi antara dua bentuk ini bersifat lembam dan ditemukan dengan variasi tinggi sebagaimana dilaporkan pada sifat fisik kobal (Novita, 2009).
Limbah yang ditimbulkan oleh industri dapat berupa bahan organik maupun anorganik. Limbah organik pada umumnya berupa limbah yang dapat membusuk maka bahan buangan organik sebaiknya tidak dibuang ke air lingkungan karena dapat menaikkan populasi mikroorganisme di dalam air yang menyebabkan berkembangnya bakteri patogen yang berbahaya bagi manusia. Limbah anorganik pada umumnya berupa limbah yang tidak dapat membusuk dan sulit didegradasi oleh mikroorganisme dan apabila bahan buangan anorganik masuk ke dalam air lingkungan maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air. Bahan buangan anorganik biasanya berasal dari industri yang melibatkan penggunaan unsur – unsur logam berat (Hg, Pb, Co, Cu, Zn) (Giyatmi, 2008).

















III.             METODE PRAKTIKUM
A.    Waktu dan Tempat
Praktikum ini dilaksanakan pada tanggal 14 November 2012, pada hari rabu pukul 13.00-15.30 WITA. Bertempat di Laboratorium Kimia Analitik MIPA Universitas Haluoleo Kendari.
B.     Alat dan Bahan
1.      Alat
Alat yang digunakan pada percobaan ini adalah spektrofotometri AAS, gelas kimia, labu takar 50 ml dan 25 ml, pipet tetes, gelas kimia, corong, pipet ukuran 1 ml, hot plate dan kaca arloji.
2.      Bahan
Bahan yang digunakan pada percobaan ini adalah air bebas mineral, HCl, serbuk logam kobalt (Co), HNO3, H2O2 dan  gas asitilen.






IV.             HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Pengematan
Data Larutan Standar
Konsentrasi Awal
Konsentrasi identifikasi (SSA)
Absorbansi (SSA)
0
STD1
STD2
STD3
STD4
STD5
0
1.0
2.0
3.0
4.0
5.0
0
1.135
1.902
2.535
3.988
5.097
0
0.0323
0.0613
0.0918
0.2013
0.3684


Sampel
Konsentrasi (SSA) (mg/L)
Sampel 1
Sampel 2
Sampel 3
Sampel 4
Sampel 5
-0.016
0.056
1.115
0.098
1.078



B.     Pembahasan
Pada percobaan ini dilakukan penentuan kadar kobalt (Co) pada sampel air kali wanggu dengan menggunakan spektrofotometer  serapan atom (SSA). Dimana SSA merupakan interaksi antara radiasi elektromagnetik dengan sampel, atau proses pengatoman dari tingkat dasar ke tingkat tinggi,dimana dalam proses pengatoman setiap jenis logam memiliki penyinaran dengan panjang gelombang spesifik. Teknik ini didasarkan pada emisi dan absorbansi dari uap atom.
Dalam percobaan ini langka pertama yang dilakukan adalah memasukkan bagian ujung konektor kedalam masing botol yang berisi dengan larutan standar dari kobalt (Co) dengan konsentrasi awal  sebesar 0, 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 dan 5.0  ppm dan konsentrasi identik SSA sebesar 0, 1.135, 1.90, 2.535, 3.988 dan 5.097 ppm. Setiap botol gelap berisi dengan larutan standar, memiliki spektrum yang berbeda-beda berdasarkan data hasil dari alat spektrofotometer serapan atom (SSA). Dengan nilai absorbansi yang diperoleh juga berbeda masing –masing sebesar 0, 0.0323, 0.0613, 0.0918, 0.2013 dan 0.3684 A. Dengan adanya data yang diperoleh dari hasil bacaan alat spektrofotometer serapan atom (SSA), dapat digunakan untuk menghitung nilai konsentrasi dari tiap-tiap larutan sampel  dengan persamaan garis yang diperoleh y = 0.0702x - 0.0456. Berbeda pula pada larutan sampelnya diperoleh konsentrasi dari hasil AAS sebesar  -0.016, 0.056, 1.115, 0.098 dan 1.078.
Berdasarkan hasil dari bacaan alat spektrofotometer serapan atom (SSA) dapat disimpulkan bahwa semua sampel mengandung unsur kobalt (Co) dengan konsentrasi yang berbeda terutama sampel air kali wanggu.
















V.                PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kesimpulan dalam percobaan ini yaitu uji kualitatif dan kuantitatif, pada uji kualitatif dari kelima sampel yaitu pada sampel pertama tidak mengandung unsur logam kobalt, tetapi pada sampel dua sampai lima mengandung unsur logam kobalt, secara kuantitatif dari hasil pengukuran bahwa konsentrasi unsur logam yang terkandung dalam sampel yaitu berturut-turut  -0.016 mg/L , 0.056 mg/L, 1.115 mg/L, 0.098 mg/L dan  1.078 mg/L.











DAFTAR PUSTAKA
Dirjen pom.1979. Farmakope Indonesia edisi III. Depkes RI : Jakarta.

Giyatmi, dkk. 2008. Penurunan Kadar Cu, Cr dan Ag dalam Limbah Cair Industri Perak di Kota Agede Setelah Diadsorpsi dengan Tanah Liat dari Daerah Godean. Jurnal Seminar Nasional IV. Yogjakarta.
http://education.poztmo.com/2011/04/kobalt.htm diakses pada tanggal 20 November 2012.
Nivita T., 2009, Duniaku Dunia Kimia (Http://nivitatu. Blogspot.com/2010/06/kobalt.html), Diakses pada tanggal 20 November 2012.
Rahmayani, F. 2009. “Analisa Kadar Besi (Fe) dan Tembaga (Cu) Dalam Air Zam-Zam Secara Spektrofotometri Serapan Atom (SSA)”. Karya Ilmiah Universitas Sumatera Utara.

Vogel. 1997. Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro. PT Kalman media Pustaka. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar